Selasa, 13 Maret 2012

hukum tahlilan

Tradisi tahlilan
Tahlil berasal dari kata “hallala,yuhallilu ,tahlilan”artinya membaca kalimat laa ilaaha illalloh.dimasyarakat NU sendiri berkembang pemahaman,setiap pertemuan yang didalamnya dibaca kalimat itu secara bersama-sama disebut majlis tahlil.majelis tahlil di masyarakat indonesia sangat variatif,dapat diselenggarakan kapan dan dimana saja,bisa pagi,sore,siang atau malam bisa dimasjid,mushola,rumah atau lapangan.
Acara bisa saja diselenggarakan khusus tahlil,meski banyak juga acara tahlil di tempelkan pada acara inti yang lain ,misalnya ,yasinan,acara tasmiyah ,khitanan ,pengajian ,tingkeban,nyedino,nelung ndino,mitung dino.,bahkan acara arisanpun ada tahlil,jadi tahlil di masyarakat NU sudah tidak bisa di pisah,sudah mendarah daging.
Semua rangkaian kalimat yang ada dalam tahlil diambil dari ayat-ayat Alqur’an dan hadist Nabi .jadi, pemahaman sebagian orang yang menganggap bahwa tahlil itu perbuatan syirik adalah KELIRU….!!! kalimat-kalimat baku tahlil dulunya memang disusun oleh seorang ulama’.tetapi kalimat demi kalimat yang disusunya tak lepas dari anjuran Rosulullah. Semua tradisi orang-orang NU,tidak ada yang bertentangan dengan Alqur’an dan hadist.
Dalil tahlil yang pertama
Rosulullah bersabda ; siapa menolong mayit dengan membacakan Alqur’an dan dzikir ,makaAllah memastikan surga baginya. ( HR.Addarimi dan Nasa’I dari ibnu abbas )
Dalil yang kedua
Nabi bersabda; bersedekahlah kalian untuk diri kalian dan orang-orang yang telah mati dari kalian walau hanya air seteguk jika kalian tak mampu dengan itu, bersedakahlah dengan ayat-ayat Alqur’an,jika kalian tidak mengerti Alqur’an,berdoalah untuk mereka dengan memintakan ampunan dan rahmat,sungguh Allah telah berjanji akan mengabulkan doa kalian.( tanqihul-koul halaman 28 )
Kang santri:kang ayo nek arep ziarah nang kuburan ki kan dino jum’at.
Kang awam:wah,,aku ora,an ziarah kubur,jare hukume haram?,sakjane pie to kang?…aku kok bingung,jare harom jare sunat.
Kang santri:seng ngomong ziarah kubur harom ,iku wong seng bebel bin kolot alias cunthel pikirane. Artine ziarah,iku”tilek” wong tilek hukume kok harom ,dalil seko endi.?
Kang awam:wah…maksude piye to kang aku kok dadi bingung .
Kang santri:ngene, wektu semono kanjeng nabi memang ngaromake,kerono jeh akeh wong seng bodo-bodo podo salah olehe praktek ziarah kubur,podo dungo/jaluk mareng wong seng wis mati.,hanek praktek koyo ngene ki harom. sak wuse wong-wong wis podo pinter.banjur kanjeng nabi perintah ziarah kubur “fazuuruha”..dadi ziarah kubur kui ,hukume sunnat,
wong seng podo ziarah kubur,sakwuse moco tahlil opo yasin banjor ndongo,ndongaake ngapuro rahmat seko Alloh mareng mayit.mulane dadi wong iku ojo ndelok secoro dzohire tok, sehinggo cepet ngukumi haram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar